Senin, 27 Juli 2009

Ensiklopedi Bocah Muslim



Ensiklopedi Bocah Muslim adalah buku referensial anak muslim Indonesia yang pertama. Menyajikan dasar-dasar pengetahuan yang paling dibutuhkan anak pada awal masa perkenalannya dengan dunia ilmu pengetahuan (Islam agamaku, Tubuhku, Indonesiaku, Masyarakat & Bangsa, Tokoh Idolaku, Sejarah, Seni, Mamalia, Burung & Serangga, Reftil & Ampibi, Tumbuhan, Bumi kita, Alam semesta, Sains, Teknologi).

Elemen-elemennya dirancang untuk mengembangkan 9 kecerdasan anak (Kinestetik, Linguistik, Matematis logis, Spasial, Visual, Interpersonal, Intrapersonal, Natural, Musikal).Materi disampaikan melalui kerangka tauhid (memandang sains dan agama bukan sesuatu yang terpisah). Dirancang khusus untuk mengembangkan IQ, EQ dan SQ.

“Melalui ensiklopedi ini, Anda akan melihat lebih dekat keagungan dan keindahan Allah SWT.” (Harun Yahya, cendekiawan muslim dari Turki)” 

 



Salah satu keunikan buku ensiklopedi bocah Muslim, adalah adanya bagian yang mengajak anak-anak untuk ikut memainkan berbagai kegiatan yang menarik. Sali dan Saliha akan mengajak anak-anak untuk meneliti, melakukan percobaan, membuat karya atau kegiatan lain yang mengasyikkan. Permainan ini berhubungan dengan tema yang sedang dibahas.

Contohnya, di jilid Teknologi, bab Alat Transportasi yang berjudul ” Naik Kereta Api Tut tut Tuuut…..” Anak di ajak untuk membuat kereta api dari bahan-bahan yang ada di sekeliling kita. Seperti ini niy cuplikan nya :

“Naik kereta api memang seru. Tetapi, lebih seru lagi apabila membuatnya. Sali dapat berjalan-jalan dengan kereta api buatanya sendiri. Sali menyediakan tiga dus yang disambungkan dengan tali. Satu dus dipotong untuk membuat cerobong asap. Roda dibuat dari gulungan kertas yang direkatkan pada bambu. Langkah terakhir membuat jendela dengan menggunakan spidol. Bagus, bukan ? “


Karena bahan-bahan yang digunakan sangat mudah, maka kami (saya dan si kecil) memutuskan untuk coba bikin kereta apinya ..
Kumpulin bahan-bahannya dulu …



Bahan membuat mainan Kereta Api  


Setelah potong sana potong sini, lem sana lem sini ….. yippiii …. ini niy hasilnya :


 Kereta Api Tut tut tuuutt....

Wah asyik juga …. Lumayan.. tahan sampai 1 bulan, bisa menghemat budget untuk beli mainan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar